News

Untuk Kelima Kalinya Frontxside Hadir di Rock In Celebes


Rock In Celebes 2017 sudah hampir tiba. Pada tanggal 4-5 November 2017 mendatang, festival musik terbesar di pulau Sulawesi ini siap diselenggarakan. Kali ini, mereka mengambil tempat di kawasan Phinisi Point kawasan Tanjung Bunga Makassar.

Menilik ke belakang dalam beberapa edisinya, terlihat satu nama kebanggaan kota Makassar yang selalu tersemat untuk menghiasi panggung Rock In Celebes. Mereka adalah Frontxside, garda depan musik hardcore kota Coto ini. Sebuah pencapaian spesial karena di tahun 2017 ini Frontxside dipercaya untuk tampil kali kelima di pentas Rock In Celebes.

Navasvara berbincang dengan Indhar, vokalis Frontxside yang selalu terlihat enerjik diatas panggung. Indhar berbicara tentang pandangannya terhadap Rock In Celebes dan faktor-faktor apa yang membuat putera daerah ini begitu bangga dengan festival yang dikelola dengan keringat dan kerja keras para muda-mudi Makassar ini.

Ini jadi kali kelima ya bang Indhar untuk Frontxside tampil di Rock In Celebes ?

Iya betul, semenjak 2013 lalu, 2017 ini jadi yang kelima kita main di Rock In Celebes.

Sebagai pentolan band hardcore dari kancah Makassar, gimana perasaan kalian bang bisa terus di support oleh Rock In Celebes ?

Kami tentunya bangga mempunyai festival musik skala nasional yang dibangundan dibesarkan oleh anak daerah sendiri. Untuk itu, kami sebagai pelaku musik terus mengapresiasi pergerakan di kota Makassar dengan memberikan gebrakan-gebrakan di setiap tahunnya.

Maksudnya bagaimana itu dengan gebrakan-gebrakan di setiap tahunnya ?

Ya kami sebisa mungkin terus berkarya dan maju pantang mndur, semangatnya sama seperti Rock In Celebes yang ingin terus berinovasi. Seperti pada tahun 2013, kami menyodorkan 3 single. Lalu setahun kemudian kami melepas mini album di 2014, setelahnya kami menggelar tur ke pulau Jawa, Bali hingga Kalimantan tahun 2015, kemudian setahun setelahnya kami melepas single dan video klip, dan di 2017 ini kami akan merilis album baru.

Sebuah bukti yang sahih bahwa Frontxside adalah band yang ogah kendor ya, hahaha. Ya bisa dibilang begitu. Perjalanan kami juga selalu di support oleh Rock In Celebes, banyak cerita dan kisah bersama. Respect.

Bagaimana kalian memandang Rock In Celebes selama ini ? Tentu setiap gelarannya memiliki kesan berbeda.

Rock In Celebes menurut kami itu dikelola dengan rapih, baik itu sejak dari pre-event sampai after event. Sangat terbuka untuk band-band yang konsisten dalam berkarya.

Rock In Celebes pasti juga memberikan pengalaman yang berarti ya.

Kami lebih banyak belajar disini. Berjejaring membuka jaringan dan bertemu serta bersentuhan langsung dengan banyak pihak di dunia musik nasional. Seperti management band, promotor, label rekaman, media nasional hingga para pengisi acara lainnya.

Apa kemajuan yang paling kalian rasakan setelah berasosiasi dengan cukup baik dengan Rock In Celebes ?

Yang paling terasa di kami adalah saat 2015 kami diajak untuk tur Sulawesi di 5 kota dalam tajuk Rock In Celebes Satellite Show. Setahun setelahnya kami bisa dikontrak dengan sebuah label asal Jakarta dan tahuin ini juga lagi dan lagi dipercaya untuk mengisi kegaduhan di panggung Rock In Celebes, hahaha.

Sebagai band keras yang paling besar di Makassar, tentunya Frontxside banyak dianggap sebagai salah satu yang paling maju di kota kalian. Dan menurut saya hal itu positif untuk band-band lain di Makassar, Frontxside sebagai contoh band yang bekerja keras.

Karena menurut kami tidak ada yang sulit ataupun tidak mampu, yang ada itu hanya tidak mau. Karena pilihan hanya ada dua, mau atau tidak.

Jadi menurut kami, kalau mau tetap fokus, konsisten dalam berkarya, rajin membangun jaringan dan berani berkorban adalah kuncinya. Believe brave and keep fight.

Tahun ini Rock In Celebes kembali berinovasi. Seperti yang kita semua tahu, Rock In Celebes 2017 menjalin kerjasama dengan Navasvara, sebuah platform kreatif bagi band-band terpilih yang dijaring dari 13 kota di Indonesia.

Hadirlah Navasvara Stage. Ada Frontxside, Neurosesick dari Malang, Gerram dari Palembang yang akan main disana. Kalian bertiga juga tergabung dalam kompilasi Sub-Ordinat Musika yang diinisiasi oleh Navasvara.

Ada tanggapan untuk hal positif ini ?

Rock In Celebes setiap tahunnya selalu memberikan kesempatan bagi band yang ingin maju. Bersama kompilasi Navasvara di tahun ini, tentunya banyak band dari berbagai daerah di Indonesia yang mempunyai kualitas bagus dari barat hingga ke timur yang semakin terdeteksi radar nasional melalui kompilasi ini dan Rock In Celebes.

Beruntungnya bagi kami, Gerram dan Neurosesick mendapat apresiasi lebih untuk tampil di Navasvara Stage. Akan saya manfaatkan untuk menghempaskan totalitas saat berada di panggung nanti.

Kalau menyoal ekspektasi untuk Rock In Celebes tahun ini, bagaimana ?

Dengan konsep yang lebih universal, tidak lagi didominasi metal dan rock, Rock In Celebes 2017 kami harap akan menjadi festival musik yang bisa dinikmati oleh semua kalangan pecinta musik.

Harapan untuk Rock In Celebes kedepannya ?

Semoga festival kebanggaan kami ini masuk kedalam deretan acara musik festival internasional yang bisa menarik perhatian pecinta musik dari belahan dunia lain diluar Indonesia.

Teks: Yulio Abdul Syafik Foto: Dok. Frontxside

Kategori