News

Anthera, Rumah Pertama Rubah Di Selatan


Di tahun keempat perjalanan Rubah di Selatan, band folk-pop yang berasal dari Yogyakarta ini akhirnya resmi merilis album penuh perdananya. Berisi 10 nomor yang terangkum dalam Anthera, album ini dirilis di seluruh layanan musik digital pada tanggal 1 Februari 2019. Album ini menjadi saksi perjalanan Mallinda Zky, Gilang Pultn, Yayan Padz, dan Ronie Udara, empat personil Rubah di Selatan yang telah melalui berbagai macam fase mulai dari terbentuknya hingga kini melahirkan satu buah album.

“Seneng banget, lega, ga nyangka juga dulu soalnya Gilang awalnya cuma ngajak aku jamming biasa gitu ternyata bisa sampai sejauh ini. Lega yang pasti. Semoga ini jadi awalan yang menyenangkan untuk kedepannya atau album-album berikutnya.” ungkap Mallinda selaku vokalis sekaligus penulis lirik dari Rubah di Selatan.

Proses yang dialami Rubah di Selatan mulai dari kamar kos 3x3 meter, rekaman pagi buat untuk menghindari suara motor, hingga pada akhirnya sekarang Rubah di Selatan telah resmi merilis album perdananya. Album Anthera menceritakan tentang perjalanan mulai dari lagu "Selaba" yang Rubah di Selatan anggap sebagai gerbang memasuki sebuah dimensi, hingga ditutup oleh "Leaving Anthera" sebagai pengingat bahwa hidup berputar dan terus berjalan, jangan berhenti, tapi jangan lupa dari mana kira berasal.

“Sempat ada perasaan panik pas mau rilis. Karena basic kami juga belum pernah merilis album sebelumnya, jadi ini adalah album perdana Rubah di Selatan, sekaligus album perdana dari masing-masing kami. Piye cah piye cah itu jadi obrolan yang belakangan ini sering terungkap, pada panik semua. Hahaha," jelas Gilang.

Anthera dipilih menjadi nama album perdana Rubah di Selatan diambil dari bahasa modern latin yang berarti kepala sari. Menjadi harapan Rubah di Selatan dengan lagu terakhirnya "Leaving Anthera" untuk dapat melanjutkan perjalanannya dan membuat kembang-kembang selanjutnya. Sekaligus menjadi pengingat hidup untuk terus berputar.

-

Bersamaan dengan rilisnya album perdananya, Rubah di Selatan juga sedang melakukan Tour album pertamanya dengan nama Anthera Tour: Part 1 ke beberapa tempat di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Membawakan konsep special show yang sebelumnya belum pernah ditampilkan.

Dibawah naungan Navasvara, Rubah di Selatan juga akan merilis album perdananya dalam bentuk fisik dan boxset. Dan dengan dirilisnya album ini, Anthera resmi menjadi rumah pertama bagi Rubah di Selatan.

Kategori